Resep Cara Memasak Kuah Tutut Kraca Supaya Sedap

Resep Cara Memasak Kuah Tutut Kraca Supaya Enak Sedap Mantap

SG - Tutut kuah atau sup tutut itu tidak diragukan lagi kenikmatan rasanya teman-teman, buat kalian yang pernah nyobain pasti lah akan membayangkan betapa gurih dan enak kuah tutut yang satu ini, saya sendiri juga suka banget sama sup yang isinya tutut, cuman yang jadi kendala itu hewan tutut itu musim"an jadi gak setiap musim itu ada, dia itu ngikutin musim padi sama musim hujan.

Yo whatsapp teman-teman semua, kembali dengan saya mimin blog sahabatgratisan.me yang amad begitu kece parahmen :v
Dikesempatan ini dan mungkin untuk sementara waktu saya akan share banyak tutorial seputar resep masakan, entah kenapa tiba-tiba saja saya lagi pengin gitu jadinya ya saya ikutin aja, toh kalo sama" bisa bermanfaat gak ada salahnya juga kan.
Baca Juga : Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Dari Akulaku Modal KTP
Sebelum ke cara pembuatan nya, saya akan bahas sedikit ya apa itu tutut supaya untuk menambah pengetahuan kita - Tutut itu bahasa umum nya adalah keong jawa atau kadang juga ada yang nyebutin kraca dll, jadi tutut itu masih sejenis dengan keong sawah hanya saja bentuknya lebih kecil dan warnanya lebih hitam,
Tutut atau kraca biasanya mudah di dapat di sawah & sungai dan juga sering kali di konsumsi untuk bisa menambah protein karena murah dan mudah didapat, terutama di perdesaan daerah jawa.

Oke berhubung teman-teman kayaknya udah pada gak sabar, langsung saja berikut ini step by step tutorial cara memasak kuah tutut agar enak nikmat dan mantap, cekidot :

Bahan-bahan :
  • Tutut (keong jawa/kraca) 1 kg
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Lengkuas seruas jari manis
  • Jahe 1 cm
  • Daun salam 5 lembar
  • Serai 2 buah
  • Kunyit 2 buah sebesar jari kelingking
  • Cabai sesuai selera
  • Gula, garam, penyedap secukupnya
  • minyak
  • Air beras
Setelah bahan bahan nya sudah teman-teman siapkan, lalu sekarang kita beralih ke langkah pembuatannya,
Berikut ini langkah pembuatannya ya gaes :

Langkah-langkah  :
  1. Tutut biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional, mintalah pada penjualnya untuk membersihkan bagian belakang tutut atau bisa kalian bersihin sendiri menggunakan pisau, Setelah itu cuci dengan air bersih sampai terasa lebih kesat.
  2. Selanjutnya siapkan beras sebanyak yang biasa dimasak untuk keperluan sehari hari, lalu cucilah. Airnya cuciannya yang pertama tampung di dalam wadah yang berisi tutut. Diamkan semalam penuh. Berasnya bisa lanjut dimasak seperti biasa, buat dimakan bareng tutut juga enak.
  3. Setelah didiamkan semalaman, buang air rendamannya kemudian siapkan bumbu tumis diantaranya bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, dan cabai dihaluskan.
  4. Panaskan wajan dengan minyak sekitar satu senduk sayur. Setelah panas tumis bumbu tumis sampai harum, lalu masukan tutut atau kraca, daun salam dan serai dengan air sebanyak 500ml.
  5. Aduk sampai merata lalu tutup wajan. Diamkan sampai sekitar 20 menit lalu masukan garam gula dan penyedap sesuai selera aduk kembali.
  6. Tutut siap dihidangkan.
Nah begitulah teman-teman resep dan cara memasak tutut di sup agar lebih enak dan nikmat,
Jangan lupa juga kalo mau makan berdoa ya sesuai keyakinan kalian, agar makanan kita tambah berkah di tubuh kita.

Kalo saya pas lauknya pake tutut pasti nambah lagi sup tututnya, bukannya nasinya tapi supnya gaes wkwk
Karna enak di cucup gtu bikin ketagihan.

Jika sekirannya kalian sudah paham, maka saya mohon pamit sekian dulu ulasan resep masakan kali ini tentang Resep Cara Memasak Kuah Tutut Kraca Supaya Enak, semoga bisa bermanfaat dan membantu walau sedikit and sampai jumpa lagi dengan saya di artikel berikutnya, bye bye :D