Resep Cara Memasak Tengkleng Iga Sapi Empuk Enak

Resep Cara Memasak Tengkleng Iga Sapi Empuk Enak

SG - Apakah kalian masih menyisakan daging sapi dari pas lebaran aji kemarin? Iya, wah sama dong kalo gitu dengan saya, kenapa bisa masih? Bukan karena irit atau gimana ya, tapi emang bosen kalo terus terusan masak nya menu sapi-kambing tiap hari, alhasil di taruh di kulkas sampai sekarang.

Yo whatsapp teman-teman kembali di blig sahabatgratisan.me yang dikelola sama mimin kece parahmen :v
Pada artikel kali ini saya akan bagikan resep cara memasak daging dan iga atau tulang-tulang sapi agar enak tidak ngebosenin yaitu di buat tengkleng ini gaes.

Kalian tahu tidak kalo tengkleng itu termasuk salah satu masakan bersejarah lho, bukan makanan khas tapi masuknya makanan yang terbebtuknya karena sejarah dan ada asal usulnya,
Di ambil dari info wikipedia, bahwa kata tengkleng itu di ambil dari bahasa jawa solo teman-teman, yang artinya makanan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambil atau sapi.
Baca Juga : Resep Cara Memasak Oseng Tempe Kacang Panjang Simple
Sejarah tengkleng konon menurut para tetua di kota Solo hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing,
Hanya kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja dan tukang masak,
Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal gaes, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging supaya tetap enak,
Masakan ini berasal dari Solo temen-temen,
Untuk bentuk fisik dari dari tengklengnya hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer ada juga tengkleng dengan sedikit kuah.

Itu dia sejarah tengkleng temen-temen, so buat kalian yang mau membuatnya bisa ikuti langkahnya berikut ini :

Bahan-bahan :
  • 100 gr daging sapi (boleh dicampur tulang/iga)
  • 2 tangkai serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk (buang tulang daunnya)
  • 4 lembar daun salam
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 10 buah cabai riwit merah
  • Kecap manis
  • Minyak
  • Air
  • Kelapa parut (250 ml santan kental, 750 ml santan encer)
  • Lada bubuk
Setelah semua bahan untuk membuat tengkleng sudah kalian siapkan, maka selanjutnya siapkan bumbu halus berikut.

Bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 4 cm kunyit
  • 1 sdm gula jawa
  • 1 sdt garam
Semuanya harus lengkap ya teman-teman, supaya nanti hasilnya enak,
Kemudian kita lanjut ke cara memasaknya.

Langkah-langkah :
  1. Ulek bumbu halus. Sisihkan
  2. Peras kelapa parut, pertama buat santan kental. Lalu buat santan encer. Tuang di wadah yang berbeda
  3. Panaskan air di panci, tunggu hingga mendidih. Masukkan daging (dan tulang) sapi, daun salam, dan jahe. Tutup panci hingga empuk
  4. Tumis bumbu halus, lengkuas, sereh, daun jeruk sampai harum
  5. Siapkan wajan/panci. Tuang santan encer. Masukkan daging (dan tulang) yang sudah direbus, bumbu yang sudah ditumis, dan cabai riwit merah. Tambahkan kecap manis dan lada bubuk sesuai selera. Pakai api kecil saja. Sambil diaduk2 hingga mendidih
  6. Tambahkan santan kental, aduk hingga mendidih sambil koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor dan siap disajikan selagi hangat
  7. Selamat mencoba dan menikmati
Baca Juga : Resep Cara Membuat Martabak Manis Keju Spesial Terbaru
Gimana hasilnya teman-teman? Pasti berhasil kan ya walaupun misal rasanya ada yang kurang karna masing-masing orang kan punya selera rasa tersendiri, bisa kalian tambahin misal rasa asin nya atau gulannya gitu teman-teman.

Setelah saya tadi membaca sejarahnya katanya mirip gulai, jadi ingat kalo saya belum buat resepnya di blog ini hehe
Padahal saya sendiri suka banget sama gulai, oke next saya bakalan buat teman-teman.

Sekian artikel resep masakan hari ini yang bisa saya bagikan tentang Resep Cara Memasak Tengkleng Iga Sapi Empuk Enak ,semoga bisa membantu dan ada manfaatnya walau sedikit, and sampai jumpa lagi di next artikel ,bye bye :D

1 komentar:

  1. Bisa di save nih, buat dipraktekin, kayaknya juga enak banget :)

    BalasHapus