Resep Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan


SG - Pempek itu kan biasanya dibuat dengan ikan, namun kali ini saya share yang berbeda dari biasanya yaitu resep pempek sederhana tanpa menggunakan ikan, lah terus pake apa dong? Pake telur teman-teman, walaupun menggunakan telur tapi tetap saja rasa dan aroma pempek tetap enak dan lezat.

Yo whatsapp teman-teman kembali lagi dengan saya mimin blog sahabatgratisan.me yang sangad kece parahmen :v
Pada kesempatan ini saya akan share pengalaman saya tentang cara membuat pempek tanpa menggunakan ikan, jadi saya seringnya bosenan kalo sama makanan" maka saya cari resep yang beda,
Nah saya nemu nih kalo buat pempek itu gak harus pake ikan lho, pake telur pun bisa dan rasanya tetap enak tapi beda gak terlalu amis,

Maka saya mencobanya dirumah sampai bisa, setelah jadi emang rasanya itu bener gak terlalu amis cuma amisnya itu amis telur hehe
Bedanya dari rasa itu kalo yang pake ikan kaya khas banget dan jika pake telur agak beda di bagian telurnya.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Batagor Sederhana Tanpa Ikan Enak
So buat teman-teman yang sudah gak sabar pengin tahu tutorial lengkapnya bisa langsung simak saja berikut ini :

Bahan-bahan :
  • Tepung terigu serbaguna - 150 gram
  • Tepung sagu - 250 gram
  • Air - 250 ml
  • Telur - 2 butir
  • Garam - 1 sdt
  • Gula - 1 sdt
  • Merica - 1/2 sdt
  • Ebi kering, haluskan - 1 sdm
  • Bawang putih, haluskan - 3 siung
Setelah kita tadi sudah menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pempek, nah sekarang tinggak kita beralih ke isi pempeknya.

Isian Pempek Kapal Selam :
  • Telur, kocok lepas - 2 butir
Bumbu dan isi pempek sudah siap, kemudian selanjutnya kita siapin juga tambahan pempeknya.

Tambahan Pempek Adaan:
  • Bawang merah, iris halus - 2 siung
  • Bawang putih, iris halus - 2 siung
  • Daun bawang, iris halus - 1 batang
Berikutnya kita siapin yang buat cuko, apa itu? Cuko itu kaya bumbunya pempek, kalo batagor kan sambel kacang dan kalo bakso kuah nah jika pempek itu namanya cuko teman-teman.

Cuko :
  • Gula merah - 200 gram
  • Gula pasir - 100 gram
  • Air asam jawa - 100 ml
  • Garam - 1 sdt
  • Air - 1 liter
  • Bumbu Halus untuk Cuko:
  • Bawang putih - 5 siung
  • Cabai rawit - 5 buah
  • Cabai merah keriting - 3 buah
  • Ebi - 1 sdm
  • Garam - 1 sdt
Perlengkapan nya juga jangan sampai lupa ya teman-teman yaitu mentimun.

Pelengkap :
  • Timun, potong dadu kecil - secukupnya
Sudah ya semuanya kita siapin, lalu kita ke pembuatan nya, berikut saya jelaskan detail tentang cara pembuatan nya.

Langkah-langkah :
  1. Dalam panci, didihkan air. Lalu masukkan garam, gula, merica, ebi, dan bawang putih. Aduk rata dan masak hingga mendidih kembali.
  2. Kecilkan api kompor lalu masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan matang. Matikan api lalu diamkan hingga adonan menghangat.
  3. Setelah adonan hangat, masukan telur satu persatu dan aduk rata. Selanjutnya, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tidak lengket di tangan. Bagi adonan jadi 3 bagian.
  4. Dalam panci, didihkan banyak air untuk merebus pempek.
  5. Pempek Lenjer: Ambil 1 bagian adonan lalu bentuk lonjong kecil memanjang. Potong-potong sepanjang 10 cm. Masukkan dalam air mendidih dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  6. Pempek Kapal Selam: Ambil 1 bagian adonan. Ambil sebanyak 2 sdm dari adonan tadi lalu bulatkan. Tekan bagian tengahnya hingga membentuk kantung. Tuang kocokan telur secukupnya, lalu langsung rapatkan dan tutup bagian atasnya. Masukkan dalam air mendidih dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  7. Pempel Adaan: Panaskan banyak minyak goreng lalu sisihkan. Ambil 1 bagian adonan lalu campur rata dengan bahan tambahannya seperti bawang merah, bawang putih, dan daun bawang iris. Bentuk jadi beberapa bulatan lalu goreng sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  8. Cuko: Dalam panci, didihkan semua bahan cuko (kecuali air asam jawa) dan bumbu halusnya. Matikan api. Tuang air asam jawa lalu aduk rata dan saring. Siap disajikan bersama pempek.
  9. Penyajian: Potong-potong pempek lenjer, kapal selam, dan adaan. Tata pempek dalam mangkuk saji. Beri potongan timun. Siram dengan cuko. Siap disajikan.
Lengkap sudah kan teman-teman resep membuat pempeknya, resep di atas juga cocok kok buat yang masih pemula atau baru mau mencoba memasak pempek.
Jangan lupa juga buah-buahan setelah makan agar setabil dengan kandungan lemaknya.
Kalo saya biasanya kurang pedas jadinya saya tambahin lagi irisan cabe dicampur ke air cuko nya, nanti bisa menimbulkan rasa pedas yang amat sangat temen-temen, hehe tapi puas jadinya.

Mungkin cukup yah sekian dulu ulasan saya kali ini tentang Resep Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan Lezat ,semoga bermanfaat walau sedikit and sampai jumpa dengan saya di artikel berikutnya, bye bye :D