Resep Terbaru Cara Memasak Rendang Jengkol Bikin Nagih

Resep Terbaru Cara Memasak Rendang Jengkol Bikin Nagih

SG - Lama tak jumpa teman-teman semua pecinta Kuliner ,saya balik lagi share resep rendang jengkol yang baru tadi siang saya masak di rumah teman-teman, jadi masakan rendang awal mulanya sebenernya berbahan daging ya dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari minangkabau, terus cara memasaknya berulang-ulang dengan santan sampai keris terserap ke dagingnya.

Yo whatsapp teman-teman semua balik lagi bersama saya mimin sahabatgratisan.me yang sangat kece parahmen ;v
Ceritanya tadi saya masak rendang jengkol dan rasanya itu bikin nagih banget teman-teman tapi ya bagi yang suka jengkol ya ,kalo jengkolnya aja gak suka ya pasti di masak apapun tetap gak suka.
Baca Juga : Resep Cara Memasak Tengkleng Iga Sapi Empuk Enak
Rendang kalo saya baca di wikipedia itu cara memasaknya si santan nya harus benar" meresap ke dalam daging uang di buat rendang tersebut,
Nah kalo santannya kurang kering maka harusnya di sebut kalio, makanya kalo rendang yang asli minangkabau itu bisa sampe 4 jam waktu masaknya terus daging yang sudah di rendang tersebut bisa bertahan berminggu-minggu,
Tapi namanya juga di kampung asal di kasih santan terus agak kering dikit langsung di sebut rendang padahal rendang nya belum sempurna :D.

Okey teman-teman dari pada kelamaan langsung saja berikut ini saya share dari bahan, bumbu beserta resep cara memasaknya sekalian :

Bahan-bahan :

  • Jengkol - 300 gram
  • Santan kental, dari 3/4 butir kelapa - 300 ml
  • Santan encer, dari sisa kelapa di atas - 500 ml
  • Garam - 1,5 sdt
  • Gula pasir - 1 sdt
  • Serai, memarkan - 1 ruas
  • Lengkuas, memarkan - 2 batang
  • Daun kunyit, sobek - 1 lembar
  • Daun jeruk, sobek - 4 lembar
  • Minyak untuk menumis - 3 sdm
Setelah sudah menyiapkan beberapa bahan yang di butuhkan untuk masak rendang jengkol yang bikin nagih, lalu selanjutnya kita ke persiapan bumbu halusnya.

Bumbu Halus :

  • Cabe rawit keriting - 50 gram
  • Cabe rawit merah - 6 buah
  • Bawang merah - 8 siung
  • Bawang putih - 5 siung
  • Kemiri, sangrai - 4 buah
  • Kunyit - 1 ruas
  • Jahe - 2 cm
  • Lada butiran - 1/2 sdt
  • Ketumbar, sangrai - 1 sdt
Bumbu halus sudah siap, step selanjutnya kita ke langkah pemasakannya sebagai berikut.

Langkah-langkah :

  1. Belah tiap jengkol jadi dua bagian lalu rendam semalaman.
  2. Rebus jengkol dengan daun salam dan air secukupnya hingga empuk. Gunakan panci presto kurang lebih 20 menit.
  3. Geprek satu persatu jengkol hingga kulitnya terkelupas. Bilas dengan air bersih lalu sisihkan.
  4. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, daun kunyit, dan daun jeruk hingga harum.
  5. Masukkan jengkol, aduk rata.
  6. Tuang santan encer, garam, dan gula. Masak sampai santan agak menyusut.
  7. Tuang santan kental. Aduk hingga mendidih lalu koreksi rasanya. Setelah  mendidih, kecilkan api lalu masak terus sampai kuahnya kering dan berminyak. Angkat.
  8. Siap disajikan.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Kerupuk Nasi Tanpa Obat / Boraks
Gimana teman-teman resep di atas mudah kan? Iya semuanya bisa mudah jika kita tidak mempersulit dan tanpa pake lama berfikir langsung di praktekin jika teman-teman sudah niat ingin memasaknya dirumah.

Semoga mudah di pahami ya teman-teman, sekian dulu ulasan saya pada kesempatan kali jni tentang Resep Terbaru Cara Memasak Rendang Jengkol Bikin Nagih ,semoga bisa ada manfaatnya walau sedikit, jangan lupa di bookmark situs sahabatgratisan.me agar tidak ketinggalan sama update bersih'' berikutnya, sampai jumpa bye bye :D

3 komentar:

  1. Waini, jengkol makanan favorit istri saya....

    BalasHapus
  2. Dulu kurang suka jengkol. Setelah di padang nyicip dlm bentuk rendang jadinya nagih

    BalasHapus
  3. Enak kayaknya nih, tapi serius, saya sama sekali belum pernah cicipin rasanya jengkol, kata orang enak, tapi bau, saya hanya tahu pete dan memang enak, tapi bau hahahaha

    BalasHapus